Selasa, 16 April 2024 |

TKW Asal Serang Hilang di Malaysia

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 5033 Pengunjung

Bantenku.com, SERANG_- Lagi-lagi masalah menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Yati Rochyati, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW), asal Kampung Pipitan, RT 08/02, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, yang bekerja di Malaysia, diduga hilang sejak 2005 lalu.

"Berangkat ke Malaysia 2005 yang lalu, diajak sponsor di Ciruas (Kota Serang) bernama Eva. Tetapi sejak anak saya ga ada kabar, sponsor itu pun jadi sulit ditemui. Ga ada aja di rumahnya," kata Rati, ibunda Yati, saat ditemui di kediamannya, Kamis (07/05/2015).

Yati meninggalkan seorang anak perempuan berusia 14 tahun, dan seorang suami yang kini bekerja di Jambi.

Menurut Rati, anaknya memberi kabar kepada keluarga hanya selama enam bulan semenjak bekerja di Malaysia. Yati mengaku akan pindah kerja ke wilayah Selangor. Ditambahkan, Yati berpesan agar biaya pendidikan anaknya yang saat ditinggal berusia empat tahun itu, dibebankan kepada sang suami.

"Sekarang anaknya sudah kelas dua SMP. Saya juga sudah mencoba menghubungi pihak agensi di Jakarta, tapi tidak ada hasilnya. Mereka cuma bilang Yati sudah kerja di perusahaannya yang punya bernama Mansyur," tegasnya.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sendiri berjanji akan melakukan penelusuran terhadap warganya yang hilang di Malaysia karena menjadi TKW.

"Jika melalui jalur legal, tentu keluarganya pasti ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Makanya kami ingin mengetahui dulu keberangkatannya legal atau tidak, dan siapa yang memberangkatkan dia ke Malaysia," kata Walikota Serang, Tubagus (Tb) Chaerul Jaman.

Adik tiri mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, ini pun berjanji akan melakukan pengecekan kepada Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Malaysia, guna mengetahui nasib warganya.

"Kami akan berkoordinasi dengan KBRI di Malaysia. Tetapi, kami juga ingin mencari tahu terlebih dahulu, keberangkatannya itu melalui jalur mana," tegasnya(WAN)

KOMENTAR DISQUS :

Top