Selasa, 20 April 2021 |
12:26 wib: Cegah Aksi Tawuran di Bulan Ramadhan, Polda Banten Rutin Lakukan Patroli 20:46 wib: Tatu-Emil Jalin Kerja Sama Bidang Pangan 16:30 wib: Unit Reskrim Polsek pulomerak bergerak cepat tangkap pelaku Pencurian 18:27 wib: Pemkab Serang Awasi Keberadaan Warga Negara Asing 14:53 wib: Bupati Serang Ajak Komunitas Mobil Promosikan Objek Wisata di Medsos 14:10 wib: Dibulan Puasa Ramadhan, Kemenag Banten Minta Warga Patuhi Prokes Tarawih di Masjid 17:36 wib: P2WKSS, Pemkab Serang Fokus Tangani Dua Desa di Padarincang 17:27 wib: KLHK: PLTU Jawa 9&10 Bija Jadi Role Model Pembangkit Ramah Lingkungan 17:17 wib: Wali Kota Serang Hadiri Launching Pembayaran SPPT-PBB Dengan Sampah Anorganik 16:19 wib: PMI Banten Apresiasi Pendonor Darah Sukarela

Tingkatkan Tata Kelola, Pemkab Serang Update SIPD

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 112 Pengunjung

BantenKU, SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) menggelar pendampingan dan update data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) (data pembangunan) tahun 2021. Update atau memperbaharui agar data terintegrasi dengan Pemerintah Pusat.

Inspektur Kabupaten Serang, Rahmat Jaya mengatakan, dengan dilaksanakan pendampingan dan update SIPD bertujuan untuk menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. Menghasilkan layanan informasi pemerintah daerah yang terhubung dan terintegrasi berbasis elektronik.

“Serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel efektif dan efisien,”ujar Rahmat Jaya dalam sambutannya pada pembukaan pendampingan dan update data SIPD (data pembangunan) tahun 2021 di di Greend Peak Hotel Bogor, Jawa Barat yang digelar Selasa sampai Rabu, 6-7 April 2021.

Rahmat menjelaskan, bahwa didalam SIPD ini terdiri dari informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lainnya. Pengelolaan data berbasis elektronik digunakan sebagai dasar dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, dan dokumen perangkat daerah berbasis elektronik. “Karena data tersebut merupakan data perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik,”katanya.

Pengelolaan data juga harus memenuhi prinsip satu data indonesia berdasarkan Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia. “Selanjutnya hasil pengendalian dan evaluasi di integrasikan dalam aplikasi SIPD dan di gunakan sebagai dasar penyelenggaraan pemerintah daerah,”ungkap Rahmat Jaya.

Dengan begitu, Rahmat berharap, peran serta aktif dari seluruh peserta pendampingan dan update data aplikasi SIPD sehingga data pembangunan Kabupaten Serang dapat terupdate dan dapat disampaikan kepada pemerintah pusat.

”Untuk para kasubag program dan operator SIPD saat ini kita memang sedang dalam situasi dengan aktivitas yang padat, dimana saat ini setiap opd sedang menyusun renstra, tetap semangat,”tuturnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Rachmat Maulana, Kepala Diskominfosatik, Anas Diw Satya Prasadya yang juag sebagai narasumber. Sedangkan narasumber dari Dirjen PEIPD Bangda Kemendagri melalui virtual.

Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Kabupaten Serang yang juga ketua panitia, Shinta Asfilian Harjani mengatakan, bahwa peserta pada kegiatan pendampingan dan update data SIPD adalah para kasubag program dan evaluasi sebagai pengelola data SIPD Kabupaten Serang sebanyak 50 orang. “Para kasubag program tersebut dari OPD se Kabupaten Serang,”ujarnya.


[Herdi/Red]

KOMENTAR DISQUS :

Top