Sabtu, 17 Agustus 2019 |
10:48 wib: Badak Banten Apresiasi Respon Bupati Lebak menurunkan Lampion 10:18 wib: Ketua Brantas Lebak Tuding Lemahnya Pengawasan Pada Program Kotaku Jadi Biang Permasalahan 09:45 wib: Puskesmas Puloampel Semarakan Perayaan HUT Kemerdekaan Ke 74 18:25 wib: Ormas Brantas Lebak Dorong Kejari Selidik Program Kotaku Di MC Barat 19:21 wib: Warga Carenang Desak Pemerintah Bantu Pemulangan Anaknya di Timur tengah 15:51 wib: Kapolda Banten : Idul Adha Momentum Berbagi dengan Sesama 16:26 wib: PT Andalan Finance Pastikan Sesuai SOP Saat Tarik Kendaraan 08:07 wib: Ormas Brantas Lebak : Lelang Pengadaan Barang Dan Jasa Pada Program Kotaku Diduga Tidak Sah 07:57 wib: KSOP Banten Terapkan Sistem Inaportnet TUKS di Banten 16:36 wib: Wakil Bupati Lebak Hadiri Audiensi Calon Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih

Terapi Mental, Puskesmas Jombang kota Cilegon Ajak Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) Membuat Kerajinan Tangan

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 4060 Pengunjung

Bantenku.com CILEGON- Untuk memberikan terapi terhadap para penderita gangguan jiwa, Petugas Puskesmas di Kecamatan Jombang kota Cilegon mengajak belasan orang dengan gangguan jiwa dengan membuat kerajinan tangan dari limbah aqua gelas, Kamis, (16/03) Dengan kegiatan ini, penderita gangguan jiwa dilatih konsentrasi, dan diarahkan untuk penyembuhan awal.


Sebelumnya, satu per satu para penderita gangguan jiwa dijemput oleh petugas. Kemudian dari mereka di periksa kondisi fisiknya.


Menurut Endang salah satu kader Puskesmas, kegiatan ini mengajak para penderita gangguan jiwa dengan tujuan melatih konsentrasi. Bila telah mampu melakukan konsentrasi dengan baik, para ODGJ akan diarahakan untuk melakukan hal yang positif dan normal.


Dengan cara memanfaatkan limbah dari barang yang sudah tidak terpakai akan memberikan nilai manfaat, " Daripada di buang dan dikilo dan lakunya tidak seberapa, lebih baik dikumpulkan dan dijadikan bahan untuk melatih ketrampilan.


Endang menambahkan limbah dari aqua gelas bisa juga dijadikan kembang untuk maulud didalamnya bisa dikasih telor, biasanya maulud identik dengan telor di bungkus dengan kertas. " Saat ini kita dapat manfaatkan limbah aqua gelas,  selain limbah dari aqua gelas kelompok ODGJ juga di ajarkan membuat bros" Ujar Endang.


Untuk mengawal perkembangan dari penderita gangguan jiwa, pihak Puskesmas Jombang memiiki program sehat jasmani mandiri. Program ini berperan untuk mengembalikan para ODGJ dapat terjun ke masyarakat lagi. Serta menjaga ODGJ dari tindakan deskriminasi, yang dapat menghambat penyembuhan.


(Ndi/Sha)






KOMENTAR DISQUS :

Top