Senin, 17 Juni 2019 |
16:59 wib: Masyarakat Banten diminta Jangan Mudah Terprovokasi 15:05 wib: Jalur Wisata Pantai Anyer – Cinangka Ramai Lancar 11:02 wib: DPD Perank Indonesia Lebak Gelar Acara Buka Bersama Dan Santunni Anak Yatim 14:33 wib: FKUI SBSI Dan Pihak Manajemen PT Prima Makmur Rotokomindo Gelar Acara Buka Bersama Dan Santuni Anak Yatim 12:54 wib: Wakil Bupat Lebak H.Ade Sumardi Sampaikan Pendapat Akhir Raperda RPJMD 12:40 wib: Jawara Banten Sepakat Tunggu Hasil Resmi KPU 15:49 wib: Kasepuhan Guradog Menggelar Ritual Ngarengkong 11:13 wib: Diduga Pemda Lebak Tolak Serah Terima Aset Pembangunan Ruang Terbuka Publik Taman Salahaur Rangkasbitung Dari Provinsi Banten 10:05 wib: Bendera APDESI Tak Jadi Berkibar Di Aksi Damai 19:19 wib: Tuntutan Dipenuhi APDESI Batalkan Rencana Aksi Damai Di Gedung DPMD Dan Gedunģ Kantor Bupati

Terapi Mental, Puskesmas Jombang kota Cilegon Ajak Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) Membuat Kerajinan Tangan

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 3864 Pengunjung

Bantenku.com CILEGON- Untuk memberikan terapi terhadap para penderita gangguan jiwa, Petugas Puskesmas di Kecamatan Jombang kota Cilegon mengajak belasan orang dengan gangguan jiwa dengan membuat kerajinan tangan dari limbah aqua gelas, Kamis, (16/03) Dengan kegiatan ini, penderita gangguan jiwa dilatih konsentrasi, dan diarahkan untuk penyembuhan awal.


Sebelumnya, satu per satu para penderita gangguan jiwa dijemput oleh petugas. Kemudian dari mereka di periksa kondisi fisiknya.


Menurut Endang salah satu kader Puskesmas, kegiatan ini mengajak para penderita gangguan jiwa dengan tujuan melatih konsentrasi. Bila telah mampu melakukan konsentrasi dengan baik, para ODGJ akan diarahakan untuk melakukan hal yang positif dan normal.


Dengan cara memanfaatkan limbah dari barang yang sudah tidak terpakai akan memberikan nilai manfaat, " Daripada di buang dan dikilo dan lakunya tidak seberapa, lebih baik dikumpulkan dan dijadikan bahan untuk melatih ketrampilan.


Endang menambahkan limbah dari aqua gelas bisa juga dijadikan kembang untuk maulud didalamnya bisa dikasih telor, biasanya maulud identik dengan telor di bungkus dengan kertas. " Saat ini kita dapat manfaatkan limbah aqua gelas,  selain limbah dari aqua gelas kelompok ODGJ juga di ajarkan membuat bros" Ujar Endang.


Untuk mengawal perkembangan dari penderita gangguan jiwa, pihak Puskesmas Jombang memiiki program sehat jasmani mandiri. Program ini berperan untuk mengembalikan para ODGJ dapat terjun ke masyarakat lagi. Serta menjaga ODGJ dari tindakan deskriminasi, yang dapat menghambat penyembuhan.


(Ndi/Sha)






KOMENTAR DISQUS :

Top