Sabtu, 06 Juni 2020 |
21:18 wib: Jelang New Normal Kapolda Banten Bersama Danrem 064/MY Tinjau Pusat Perbelanjaan Kota Serang 20:48 wib: Sembilan Kali, Pemkab Serang Raih Opini WTP BPK 20:36 wib: Tinjau Bapenda, Bupati Serang Intruksikan OPD Jalankan New Normal 17:47 wib: Kodim 0603 Lebak Bagikan Ratusan Paket Sembako 08:24 wib: Jelang "New Normal", Cabai Merah Kriting Jateng Kembali Gencar Pasok Sumatera 18:35 wib: Warga Sukamurni Kecamatan Balaraja Mulai Terima Penyaluran BST APBD Kabupaten 08:02 wib: Brantas Minta Bupati Lebak Untuk Mengkaji Kembali atau Mencopot Kabid SDA PUPR 06:53 wib: Brantas Berharap Tipikor Polres Lebak Secepatnya Melayangkan SPDP Perihal PUPR yang di Laporkan LSM Bentar 06:44 wib: Personel Polres Cilegon Berikan Bantuan Sembako Kepada Pasien Covid-19 yang Sudah Sembuh 20:53 wib: LSM Bentar Laporkan Kabid SDA PUPR Kab.Lebak ke Tipikor Polres Lebak

Terapi Mental, Puskesmas Jombang kota Cilegon Ajak Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) Membuat Kerajinan Tangan

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 5292 Pengunjung

Bantenku.com CILEGON- Untuk memberikan terapi terhadap para penderita gangguan jiwa, Petugas Puskesmas di Kecamatan Jombang kota Cilegon mengajak belasan orang dengan gangguan jiwa dengan membuat kerajinan tangan dari limbah aqua gelas, Kamis, (16/03) Dengan kegiatan ini, penderita gangguan jiwa dilatih konsentrasi, dan diarahkan untuk penyembuhan awal.


Sebelumnya, satu per satu para penderita gangguan jiwa dijemput oleh petugas. Kemudian dari mereka di periksa kondisi fisiknya.


Menurut Endang salah satu kader Puskesmas, kegiatan ini mengajak para penderita gangguan jiwa dengan tujuan melatih konsentrasi. Bila telah mampu melakukan konsentrasi dengan baik, para ODGJ akan diarahakan untuk melakukan hal yang positif dan normal.


Dengan cara memanfaatkan limbah dari barang yang sudah tidak terpakai akan memberikan nilai manfaat, " Daripada di buang dan dikilo dan lakunya tidak seberapa, lebih baik dikumpulkan dan dijadikan bahan untuk melatih ketrampilan.


Endang menambahkan limbah dari aqua gelas bisa juga dijadikan kembang untuk maulud didalamnya bisa dikasih telor, biasanya maulud identik dengan telor di bungkus dengan kertas. " Saat ini kita dapat manfaatkan limbah aqua gelas,  selain limbah dari aqua gelas kelompok ODGJ juga di ajarkan membuat bros" Ujar Endang.


Untuk mengawal perkembangan dari penderita gangguan jiwa, pihak Puskesmas Jombang memiiki program sehat jasmani mandiri. Program ini berperan untuk mengembalikan para ODGJ dapat terjun ke masyarakat lagi. Serta menjaga ODGJ dari tindakan deskriminasi, yang dapat menghambat penyembuhan.


(Ndi/Sha)






KOMENTAR DISQUS :

Top