Selasa, 20 April 2021 |
12:26 wib: Cegah Aksi Tawuran di Bulan Ramadhan, Polda Banten Rutin Lakukan Patroli 20:46 wib: Tatu-Emil Jalin Kerja Sama Bidang Pangan 16:30 wib: Unit Reskrim Polsek pulomerak bergerak cepat tangkap pelaku Pencurian 18:27 wib: Pemkab Serang Awasi Keberadaan Warga Negara Asing 14:53 wib: Bupati Serang Ajak Komunitas Mobil Promosikan Objek Wisata di Medsos 14:10 wib: Dibulan Puasa Ramadhan, Kemenag Banten Minta Warga Patuhi Prokes Tarawih di Masjid 17:36 wib: P2WKSS, Pemkab Serang Fokus Tangani Dua Desa di Padarincang 17:27 wib: KLHK: PLTU Jawa 9&10 Bija Jadi Role Model Pembangkit Ramah Lingkungan 17:17 wib: Wali Kota Serang Hadiri Launching Pembayaran SPPT-PBB Dengan Sampah Anorganik 16:19 wib: PMI Banten Apresiasi Pendonor Darah Sukarela

KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 350 Pengunjung

BantenKu, SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020 di Hotel Horison Ultima Ratu Kebon Jahe Kota Serang pada Jum’at, 22 Januari 2021. Hasilnya, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serang terpilih.

Penetapan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang Nomor 4/HK.03.1-Kpt/3604/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilihdalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020.

Diketahui pasangan calon nomor urut 1 Tatu-Pandji unggul dengan mendapatkan perolehan 429.054 suara. Sementara pasangan calon nomor urut dua Nasrul-Eki meraih 247.310 suara.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan bahwa setelah ditetapkannya calon terpilih secara otomatis KPU sudah tidak ada lagi tahapan berkaitan dengan calon dan pemilihan. “Tapi, tahapan kita berikutnya kita melakukan evalausi internal untuk seluruh kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan,”ujar Abidin kepada wartawan usai pleno.

Lebih jelasnya, dia memastikan pasca penetapan calon terpilih jika berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020 tahapan-tahapan KPU yang substansial sudah selesai sejak dilaksanakannya penetapan calon terpilih. Akan tetapi, kemudian KPU masih ada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan laporan akhir yang harus dilaporkan kepada pimpinan baik KPU provinsi dan KPU RI.

“Ada beberapa yang harus kita sampaikan terkait dengan seluruh tahapan-tahapan kita sampaikan ke KPU provinsi dan KPU RI,”jelas Abidin. Seraya menegaskan, berkaitan dengan pelantikan sudah masuk ranahnya DPRD Kabupaten Serang menyampaikan ke Pemprov Banten dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Pelantikan bukan domain KPU,”tandas Abidin.

Pantauan dilokasi, penetapan calon tidak dihadiri oleh pasangan calon nomor urut 2 Nasrul-Eki, Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pun tidak hadir karena semuanya berhalangan. Namun, tampak Calon Wakil Bupati Serang terpilih, Pandji Tirtayasa Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Serang serta Ketua dan Sekretaris partai politik (parpol) pengusung juga unsur Muspida.

Sementara Wakil Bupati Serang terpilih Pandji Tirtayasa mengucapkan kepada KPU terutama kepada pasangan nomor urut dua dan pendukungnya yang telah membangun situasi yang kondusif pasca pilkada tidak ada kejadian apapun. “Begitu juga tidak melakukan tuntutan artinya menerima dengan legowo, ini berarti menerima pesta demokrasi yang fair dan lancar,”ucap Pandji.


[Herdi/Red]

KOMENTAR DISQUS :

Top