Selasa, 19 Oktober 2021 |
18:03 wib: Utamakan Pelayanan, Jasa Raharja Banten Data Korban Laka Bus di Tol Tangerang Merak 22:43 wib: RSUD Banten Luncurkan KateterisasiJantung 22:06 wib: Jasa Raharja Cabang Banten Gandeng Kampus Untirta, Gagas Kegiatan Kampus Pelopor Keselamatan 18:03 wib: Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Digelar 31 Oktober 2021 07:49 wib: Dibuka Wagub Andika, Banten Golf Open Tournament 2021 Diikuti Peserta Pro & Amatir 10:34 wib: Bupati Serang Beri Penghargaan untuk Atlet PON Berprestasi 17:29 wib: Tantangan Semakin Kuat, Kemajuan Kabupaten Serang Diapresiasi 07:57 wib: Gebyar HUT Kabupaten Serang Banjir Bantuan 22:02 wib: Lakukan Pembinaan, Kini Tingkat Kehadiran Pegawai Non-ASN di Setwan Banten Naik Signifikan 21:33 wib: Sekretariat DPRD Banten Klaim Sukses Adakan Vaksinasi Setelah Sasar 2.230 Orang

KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 1022 Pengunjung

BantenKu, SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020 di Hotel Horison Ultima Ratu Kebon Jahe Kota Serang pada Jum’at, 22 Januari 2021. Hasilnya, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Serang terpilih.

Penetapan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang Nomor 4/HK.03.1-Kpt/3604/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilihdalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020.

Diketahui pasangan calon nomor urut 1 Tatu-Pandji unggul dengan mendapatkan perolehan 429.054 suara. Sementara pasangan calon nomor urut dua Nasrul-Eki meraih 247.310 suara.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan bahwa setelah ditetapkannya calon terpilih secara otomatis KPU sudah tidak ada lagi tahapan berkaitan dengan calon dan pemilihan. “Tapi, tahapan kita berikutnya kita melakukan evalausi internal untuk seluruh kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan,”ujar Abidin kepada wartawan usai pleno.

Lebih jelasnya, dia memastikan pasca penetapan calon terpilih jika berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020 tahapan-tahapan KPU yang substansial sudah selesai sejak dilaksanakannya penetapan calon terpilih. Akan tetapi, kemudian KPU masih ada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan laporan akhir yang harus dilaporkan kepada pimpinan baik KPU provinsi dan KPU RI.

“Ada beberapa yang harus kita sampaikan terkait dengan seluruh tahapan-tahapan kita sampaikan ke KPU provinsi dan KPU RI,”jelas Abidin. Seraya menegaskan, berkaitan dengan pelantikan sudah masuk ranahnya DPRD Kabupaten Serang menyampaikan ke Pemprov Banten dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Pelantikan bukan domain KPU,”tandas Abidin.

Pantauan dilokasi, penetapan calon tidak dihadiri oleh pasangan calon nomor urut 2 Nasrul-Eki, Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pun tidak hadir karena semuanya berhalangan. Namun, tampak Calon Wakil Bupati Serang terpilih, Pandji Tirtayasa Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Serang serta Ketua dan Sekretaris partai politik (parpol) pengusung juga unsur Muspida.

Sementara Wakil Bupati Serang terpilih Pandji Tirtayasa mengucapkan kepada KPU terutama kepada pasangan nomor urut dua dan pendukungnya yang telah membangun situasi yang kondusif pasca pilkada tidak ada kejadian apapun. “Begitu juga tidak melakukan tuntutan artinya menerima dengan legowo, ini berarti menerima pesta demokrasi yang fair dan lancar,”ucap Pandji.


[Herdi/Red]

KOMENTAR DISQUS :

Top