Selasa, 19 Oktober 2021 |
18:03 wib: Utamakan Pelayanan, Jasa Raharja Banten Data Korban Laka Bus di Tol Tangerang Merak 22:43 wib: RSUD Banten Luncurkan KateterisasiJantung 22:06 wib: Jasa Raharja Cabang Banten Gandeng Kampus Untirta, Gagas Kegiatan Kampus Pelopor Keselamatan 18:03 wib: Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Digelar 31 Oktober 2021 07:49 wib: Dibuka Wagub Andika, Banten Golf Open Tournament 2021 Diikuti Peserta Pro & Amatir 10:34 wib: Bupati Serang Beri Penghargaan untuk Atlet PON Berprestasi 17:29 wib: Tantangan Semakin Kuat, Kemajuan Kabupaten Serang Diapresiasi 07:57 wib: Gebyar HUT Kabupaten Serang Banjir Bantuan 22:02 wib: Lakukan Pembinaan, Kini Tingkat Kehadiran Pegawai Non-ASN di Setwan Banten Naik Signifikan 21:33 wib: Sekretariat DPRD Banten Klaim Sukses Adakan Vaksinasi Setelah Sasar 2.230 Orang

Jasa Raharja bukukan kinerja positif di semester I Th 2021

Publisher: Redaksi Bantenku Dibaca: 224 Pengunjung

BantenKu, JAKARTA – PT Jasa Raharja mencetak kinerja positif pada semester I tahun 2021 berkat transformasi dan inovasi yang dilakukan dalam hal pelayanan maupun kinerja keuangan. Sebagai badan penyelenggara perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas, kecepatan pelayanan kinerja penyerahan santunan korban meninggal dunia mengalami peningkatan. Kecepatan penyerahan santunan meninggal dunia hingga semester I tahun 2021 rata-rata 1 hari 10 jam lebih cepat 1 hari 14 jam dari target 3 hari. Sedangkan untuk korban luka-luka yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak 89,46% korban santunannya dibayarkan langsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan, hal ini meningkat 1,47% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan naik 1,96% dibandingkan dengan target 2021 87,5%.

Kecepatan pelayanan ini diikuti oleh peningkatan penyerahan santunan dimana hingga semester I tahun 2021 Jasa Raharja telah menyerahkan santunan sebesar Rp 1,16 Triliun atau naik 3,6% dibanding periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 1,12 Triliun. Selain kinerja pelayanan yang tercatat positif, inovasi dan transformasi proses bisnis juga memberikan imbas positif kepada kinerja keuangan Jasa Raharja dimana pada semester I 2021 yang mengalami peningkatan Laba sebesar 77,14% atau sebesar Rp 877,84 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 495,56 miliar.

Kontribusi ini tercapai berkat kinerja pendapatan dengan realisasi sebesar Rp 2,91 triliun atau naik 16,40%. Sementara dari sisi Biaya, yakni sebesar Rp 1,90 triliun atau turun 2,24% dibandingkan periode yang sama tahun 2020, dengan demikian Perusahaan dapat melakukan efisiensi.

Sedangkan, total aset Jasa Raharja tercatat sebesar Rp 15,14 triliun, sementara ekuitas sebesar Rp 12,04 triliun. Hingga Semester I Tahun 2021, Jasa Raharja juga tercatat memiliki permodalan yang kuat, dengan rasio risk based capital (RBC) sebesar 672,84%, meningkat 13,86% jika dibandingkan dengan semester I-2020 sebesar 590,94%.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan, capaian kinerja Pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan.

“Sinergi sistem pelayanan di antaranya data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS, data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil, data Pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management system dengan perbankan,” kata Rivan melalui siaran pers, Selasa (21/9).

Selain transformasi dan penggunaan tekhnologi kekinian yang berdampak baik kepada perusahaan, PT Jasa Raharja juga diketahui terus memberikan pelayanan yang memfokuskan pelayanan dengan menghadirkan beberapa aplikasi dan program.

Rivan menambahkan, PT Jasa Raharja akan selalu berkomitmen untuk terus melakukan transformasi bisnis demi pelayanan kepada masyarakat dan berkontribusi kepada pembangunan ekonomi nasional. "Sebagai badan usaha milik negara penyelenggara Program Perlindungan Dasar Penumpang dan Lalu Lintas Jalan bermokitmen untuk terus melakukan transformasi proses bisnis dalam memberi kemudahan sebagai pemenuhan kewajiban kepada masyarakat serta turut serta berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional,” tandas Rivan.

Menanggapi kinerja positif yang dibukukan perusahaannya, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Banten Dodi Apriansyah menyampaikan, kinerja positif ini tercipta berkat kerjasama serta dedikasi pegawai perusahaan BUMN tersebut. “Tentunya ini membuktikan jika PT Jasa Raharja adalah perusahaan yang mengedepankan inovasi dan pelayanan sehingga apa yang kita dapatkan hari ini merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus kita pertahankan,” katanya,


[Her/Red]

KOMENTAR DISQUS :

Top