Sabtu, 18 Januari 2020 |
08:40 wib: Walikota Serang Cek Kondisi Jalan Rusak di Kecamatan Curug 12:24 wib: Diduga Jadi Penyebab Banjir di Bojonegara, Pemkab Serang Segera Panggil Penambang 11:51 wib: Kapolda Banten Prioritas Penanganan Tambang Emas Ilegal di Lebak 12:52 wib: Rumah Warga Ambruk, Dihantam Angin Kencang 12:00 wib: 13 Nama Bersaing Rebut Kursi Bos BUMD Agrobisnis Banten 20:46 wib: Brantas Banten Minta Kapolda Banten Sapu bersih Penambang Liar di TNGH 16:49 wib: Pembangunan Lapen Jalan penghubung Kampung Cinanggoler diduga Bermasalah 14:53 wib: Brantas Kabupaten Serang Pertanyakan Kerja Dinas Kebersihan dan CSR Perusahaan 14:10 wib: Jembatan Suka Senang, Malingping Terbengkalai Dikritik Aktivis LPPB 13:32 wib: Protes Kebanjiran, Warga Bojonegara Demo Blokir Jalan

Berhenti Minum Pil KB Jadi Susah Hamil?

Publisher: Admin Web Dibaca: 8208 Pengunjung

Bantenku - Kontrasepsi oral atau pil KB masih menjadi metode pengendali kelahiran yang banyak dipilih. Meski demikian, banyak juga wanita yang khawatir menjadi susah hamil setelah lepas dari pil KB.

Setelah berhenti mengonsumsi pil KB rata-rata diperlukan waktu 6-12 bulan untuk kembali ke siklus menstruasi normal. Dan pada periode ini kemungkinan untuk hamil dianggap lebih kecil.

Meski begitu, hasil studi menunjukkan bahwa tak sedikit wanita yang langsung kembali subur setelah berhenti minum pil KB.

Dalam studi yang melibatkan 200 wanita yang sudah minum pil KB selama setahun ini, 40 persennya berhasil hamil satu bulan setelah lepas pil KB. Bukan cuma itu, siklus menstruasi mereka juga langsung normal.

Pada tiga bulan setelah lepas pil KB, hampir 99 persen memiliki siklus haid yang normal atau pun berhasil hamil.

Menurut Dr.Jani Jensen, dokter kandungan dari Mayo Clinic, jika wanita tidak juga berhasil menstruasi secara spontan dalam periode 3 bulan setelah berhenti minum pil KB, maka perlu dievaluasi lagi untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang memengaruhi proses ovulasi.

Sejumlah wanita memang mengalami gangguan kesuburan meski sudah berhenti minum pil KB beberapa waktu. Tetapi hal ini terutama terjadi pada mereka yang sejak awal haidnya tidak teratur. Di atas usia 30 tahun tingkat kesuburan tiap wanita memang akan menurun sehingga hal ini ikut memengaruhi peluang hamil setelah lepas pil KB.

KOMENTAR DISQUS :

Top