Selasa, 19 Oktober 2021 |
18:03 wib: Utamakan Pelayanan, Jasa Raharja Banten Data Korban Laka Bus di Tol Tangerang Merak 22:43 wib: RSUD Banten Luncurkan KateterisasiJantung 22:06 wib: Jasa Raharja Cabang Banten Gandeng Kampus Untirta, Gagas Kegiatan Kampus Pelopor Keselamatan 18:03 wib: Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Digelar 31 Oktober 2021 07:49 wib: Dibuka Wagub Andika, Banten Golf Open Tournament 2021 Diikuti Peserta Pro & Amatir 10:34 wib: Bupati Serang Beri Penghargaan untuk Atlet PON Berprestasi 17:29 wib: Tantangan Semakin Kuat, Kemajuan Kabupaten Serang Diapresiasi 07:57 wib: Gebyar HUT Kabupaten Serang Banjir Bantuan 22:02 wib: Lakukan Pembinaan, Kini Tingkat Kehadiran Pegawai Non-ASN di Setwan Banten Naik Signifikan 21:33 wib: Sekretariat DPRD Banten Klaim Sukses Adakan Vaksinasi Setelah Sasar 2.230 Orang

Berhenti Minum Pil KB Jadi Susah Hamil?

Publisher: Admin Web Dibaca: 10504 Pengunjung

Bantenku - Kontrasepsi oral atau pil KB masih menjadi metode pengendali kelahiran yang banyak dipilih. Meski demikian, banyak juga wanita yang khawatir menjadi susah hamil setelah lepas dari pil KB.

Setelah berhenti mengonsumsi pil KB rata-rata diperlukan waktu 6-12 bulan untuk kembali ke siklus menstruasi normal. Dan pada periode ini kemungkinan untuk hamil dianggap lebih kecil.

Meski begitu, hasil studi menunjukkan bahwa tak sedikit wanita yang langsung kembali subur setelah berhenti minum pil KB.

Dalam studi yang melibatkan 200 wanita yang sudah minum pil KB selama setahun ini, 40 persennya berhasil hamil satu bulan setelah lepas pil KB. Bukan cuma itu, siklus menstruasi mereka juga langsung normal.

Pada tiga bulan setelah lepas pil KB, hampir 99 persen memiliki siklus haid yang normal atau pun berhasil hamil.

Menurut Dr.Jani Jensen, dokter kandungan dari Mayo Clinic, jika wanita tidak juga berhasil menstruasi secara spontan dalam periode 3 bulan setelah berhenti minum pil KB, maka perlu dievaluasi lagi untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang memengaruhi proses ovulasi.

Sejumlah wanita memang mengalami gangguan kesuburan meski sudah berhenti minum pil KB beberapa waktu. Tetapi hal ini terutama terjadi pada mereka yang sejak awal haidnya tidak teratur. Di atas usia 30 tahun tingkat kesuburan tiap wanita memang akan menurun sehingga hal ini ikut memengaruhi peluang hamil setelah lepas pil KB.

KOMENTAR DISQUS :

Top