Selasa, 20 April 2021 |
12:26 wib: Cegah Aksi Tawuran di Bulan Ramadhan, Polda Banten Rutin Lakukan Patroli 20:46 wib: Tatu-Emil Jalin Kerja Sama Bidang Pangan 16:30 wib: Unit Reskrim Polsek pulomerak bergerak cepat tangkap pelaku Pencurian 18:27 wib: Pemkab Serang Awasi Keberadaan Warga Negara Asing 14:53 wib: Bupati Serang Ajak Komunitas Mobil Promosikan Objek Wisata di Medsos 14:10 wib: Dibulan Puasa Ramadhan, Kemenag Banten Minta Warga Patuhi Prokes Tarawih di Masjid 17:36 wib: P2WKSS, Pemkab Serang Fokus Tangani Dua Desa di Padarincang 17:27 wib: KLHK: PLTU Jawa 9&10 Bija Jadi Role Model Pembangkit Ramah Lingkungan 17:17 wib: Wali Kota Serang Hadiri Launching Pembayaran SPPT-PBB Dengan Sampah Anorganik 16:19 wib: PMI Banten Apresiasi Pendonor Darah Sukarela

Berhenti Minum Pil KB Jadi Susah Hamil?

Publisher: Admin Web Dibaca: 9958 Pengunjung

Bantenku - Kontrasepsi oral atau pil KB masih menjadi metode pengendali kelahiran yang banyak dipilih. Meski demikian, banyak juga wanita yang khawatir menjadi susah hamil setelah lepas dari pil KB.

Setelah berhenti mengonsumsi pil KB rata-rata diperlukan waktu 6-12 bulan untuk kembali ke siklus menstruasi normal. Dan pada periode ini kemungkinan untuk hamil dianggap lebih kecil.

Meski begitu, hasil studi menunjukkan bahwa tak sedikit wanita yang langsung kembali subur setelah berhenti minum pil KB.

Dalam studi yang melibatkan 200 wanita yang sudah minum pil KB selama setahun ini, 40 persennya berhasil hamil satu bulan setelah lepas pil KB. Bukan cuma itu, siklus menstruasi mereka juga langsung normal.

Pada tiga bulan setelah lepas pil KB, hampir 99 persen memiliki siklus haid yang normal atau pun berhasil hamil.

Menurut Dr.Jani Jensen, dokter kandungan dari Mayo Clinic, jika wanita tidak juga berhasil menstruasi secara spontan dalam periode 3 bulan setelah berhenti minum pil KB, maka perlu dievaluasi lagi untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang memengaruhi proses ovulasi.

Sejumlah wanita memang mengalami gangguan kesuburan meski sudah berhenti minum pil KB beberapa waktu. Tetapi hal ini terutama terjadi pada mereka yang sejak awal haidnya tidak teratur. Di atas usia 30 tahun tingkat kesuburan tiap wanita memang akan menurun sehingga hal ini ikut memengaruhi peluang hamil setelah lepas pil KB.

KOMENTAR DISQUS :

Top